Wednesday 5 May 2010

NOVEL BERLATAR SEJARAH

Judul: Republik Jungkir Balik, Sebuah Novel Berlatar Belakang Perang Kemerdekaan. Penulis: Suparto Brata, Penerbit: Narasi 2010, tebal: 392 halaman.
Republik Jungkir Balik merupakan novel dengan bingkai sejarah tahun 1947. Novel itu menceritakan situasi di Kota Probolinggo, umumnya Indonesia, dan perjuangan rakyatnya pada saat menghadapi perang melawan penjajah Belanda. Dikisahkan pada tahun 1945 di Surabaya, diperkirakan lebih dari seratus ribu penduduk terpaksa mengungsi ke luar kota hanya dengan pakaian yang melekat di tubuh karena panik. Kesengsaraan yang diderita para pengungsi tersebut berlanjut selama berbulan-bulan sebelum mereka berani kembali ke kota yang telah hancur.
Keluarga Kartidjo merupakan salah satu dari pengungsi tersebut. Di tempat pengungsian itu, mereka kenal dengan keluarga Saputra, seorang tukang catut yang mengawini mantan pelacur dari Kampung Tetes bernama Sumini. Kesulitan hidup menbuat kedua keluarga ini masuk dalam konflik kehidupan yang pelik. Senasib sepenanggungan, mereka berjuang mempertahankan hidup.
Dalam novel ini dikisahkan pula pergolakan antara nilai nurani dan kemanusiaan, yang menyuguhkan cerita pembunuhan, pelacuran, dan lainnya, sebagai dampak dari peperangan. Juga banyak melibatkan tokoh yang berasal dari berbagai etnis, seperti Madura, Jawa, dan Tionghoa. Bagaimana kisah Kartidjo selanjutnya dalam menjalankan hidupnya? Kisah fiktif yang dibebani data dan fakta sejarah. (Nia K. Suryanegara, Pusat Data Redaksi).
Dikutip dari PIKIRAN RAKYAT Sabtu, 24 April 2010.

0 comments:

Post a Comment

 

Template by NdyTeeN